My Blog List

Thursday, August 18, 2011

Vandaria Wars and Riwayat Cosmos

Kekhawatiran terhadap karya tulisku kembali menghantui saat aku membaca hikayat Vandaria yang ternyata mirip dengan hikayat duniaku.

dikatakan menurut Vandaria :

  • Era Tiga Negeri Awal
  • Era Kaum Naga
  • Era Negeri-Negeri Kuno Manusia
  • Era Kekuasaan Frameless
  • Era Persamaan Derajat Manusia-Frameless
  • Era Kekuasaan Manusia

sedangkan hikayat saya :

  • Era migrasi Animus-Ogre ke dunia Cosmos dari dunia Astrall
  • Era penghidupan Cosmos oleh God Dragon Terrata
  • Era Champion Dragon Jahan
  • Era Para Dragon
  • Abad kegelapan (runtuhnya Connisia)
  • Ragnarok
  • Medieval awal (Forgo, Galeno, berdirinya Egaza)
  • Abad pertempuran (perang saudara di Passifica, perang saudara di Padang Cassey)
  • Era Pengembara dan Perdamaian (Munculnya pewaris Spirit Sword, pengembaraan2 orang2 spesial yang mengakhiri perang2 berkepanjangan, musnahnya Yggdrassil)
  • ---kosong---
  • Abad modern: War of Asgares (ya, cerita ini saya buat sebelum tahun 2006 dan shock berat waktu ngeliat komik dengan judul sama)

I'll just create this note in case one day some sotoy ppl pointed their finger at me and accuse me for plagiating some fantasy novel or game.

Gw akui, gw memang terinspirasi dari beberapa game dan film. Tapi apapun yang gw liat, ga bakalan gw plagiat serendah itu. Semoga banyak orang yang akan paham bahwa inspirasi seringkali sama antar dua penulis yang tidak pernah bertemu sama sekali. Saya sendiri tidak pernah membaca atau mengikuti Vandaria Wars, saya cuma pernah baca satu bagian cerpennya dan membayangkan sedang main game Suikoden 2, setelah itu saya tidak mengikuti sama sekali.

Beberapa nama memang mirip dan sama, tapi saya bukan plagiat!!

**Woi! Terbit aja belum, udah mikir kejauhan

maka dari itu catatan ini dibuat hanya untuk berjaga2 bila dikemudian hari terjadi sesuatu yang saya khawatirkan ini.

No comments:

Post a Comment