My Blog List

Wednesday, October 13, 2010

Live like Icarus, Die like Phoenix

Icarus
Icarus adalah anak dari seorang pengrajin bernama Daedalus. Icarus dan ayahnya di penjara di tempat pengasingan bernama Crete oleh Raja Minos. Daedalus dan Icarus padahal membuatkan labirin untuk memenjarakan Minotaur bagi Raja Minos. Ayah dan anak ini dipenjara karena membuatkan sebuah tambang untuk putri Raja Minos, Adriene yang digunakannya untuk membantu Theseus, musuh dari Minos untuk mengatasi labirin dan mengalahkan Minotaur.

Daedalus membuatkan sepasang sayap bagi Icarus, terbuat dari wax (plastik) dan berpesan padanya untuk tidak terbang terlalu dekat dengan matahari. Namun karena terlena dengan sensasi terbang yang ia rasakan, Icarus terbang dengan liar dan akhirnya terlalu dekat dengan matahari. Membuat sayapnya rontok satu demi satu. Begitu sadar, ia sudah tidak memiliki bulu lagi di sayapnya, ia jatuh ke laut dan mati.

Laut tempat Icarus jatuh kemudian dinamakan Laut Icarian
Hercules membangun kuburan baginya.

Phoenix
Menurut Flavius Philostratus yang hidup tahun 170 AD, Phoenix adalah burung yang hidup di India yang bermigrasi ke Mesir setiap 500 tahun sekali. Konon ia terinspirasi dari burung Garuda, seekor burung India kendaraan dewa Hindu, Wisnu. Menurutnya, Phoenix berasal dari cahaya sinar matahari dan besarnya seperti burung elang.

Pada kebudayaan Katholik, Phoenix menjadi simbol dari kebangkitan Kristus, Yesus.

Pada intinya, Phoenix adalah burung api yang memiliki usia sekitar 500 tahun. Dipenghujung usia, ia terbakar menjadi abu, dan dari abunya, bayi Phoenix yang baru kemudian lahir dan menjadi Phoenix yang baru.

Live like Icarus, Die like Phoenix
Bagi seniman, apapun genrenya, ia harus bersiap untuk gagal. Daedalus adalah simbol dari seniman yang paling ahli (lebih dahulu menemukan sayap daripada Orvile & Wilbur Wright, bisa mengurung Minotaur dalam Labirin).
Keberhasilan terkadang bisa membuat seniman lupa diri seperti Icarus, terbang terlalu dekat dengan matahari sehingga melupakan tujuan sebenarnya kenapa dia membuat sayap, yaitu agar bisa melarikan diri dari penjara.
Dengan hidup sebagai Icarus, berarti seseorang telah berhasil keluar dari penjara dengan usahanya atau kerajinannya sendiri. Dan dengan mati sebagai Phoenix, melambangkan kerja keras yang tidak pernah berakhir. Tidak pernah menyerah pada kegagalan.

Karena modal sukses adalah keuletan, tanggung jawab, keberanian, dan berpikir beda.

No comments:

Post a Comment